JAKARTA (Antara): Logo Visit Indonesia Year (VIY) yang berbentuk siluet burung garuda akan dipertahankan sebagai bentuk promosi atau "branding " pariwista Indonesia pada 2010.
"Branding Indonesia dengan logo VIY-nya akan dipertahankan meskipun tanpa ditulis angka tahun dan tanpa tagline," kata Direktur Promosi Luar Negeri Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, I Gde Pitana hari ini.
Dia mengatakan upaya itu dilakukan sebagai bentuk mempertahankan konsistensi dalam berpromosi pariwisata.
Pihaknya juga sudah melakukan sejumlah survei kepada para pemangku kepentingan bidang pariwisata yang hasilnya menunjukkan secara keseluruhan logo VIY direspon baik oleh pasar dan mudah diterima.
"Logo itu mempunyai beberapa kelebihan di antaranya dari sisi artistik "eye catching" dan menarik," ujarnya.
Selain itu, logo juga mengandung filosofi yang khas Indonesia yakni Pancasila dari sisi bentuk dan warna. Menurut Pitana, soal warna logo VIY hampir mengakomodasi seluruh warna sehingga tidak menimbulkan kecurigaan pada warna berbau politis tertentu.
Ia berpendapat, hal terpenting logo dipertahankan adalah karena logo yang sama telah cukup dikenal di dunia pariwisata lokal maupun internasional.
"Ada banyak faktor yang kita pertahankan berdasarkan kajian-kajian yang benar-benar akademis," katanya
Blog artikel pendukung
Minggu, 18 Oktober 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar